Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Hubungan antara Penyakit Gum dan Rheumatoid Arthritis

Penyakit Gum dan Rheumatoid Arthritis

Penyakit periodontal, yang lebih diketahui dengan penyakit gusi, serta rheumatoid arthritis ialah dua penyakit akut yang rata-rata orang tidak bisa diketemukan menjadi tersambung. Akan tetapi, riset paling baru tunjukkan demikian sebaliknya. Sebelum mengulas keterangan medis serta ilmiah mengenai keterhubungan mereka, pas untuk tahu dua penyakit itu serta bagaimana sebabnya.

Penyakit gusi, simpel saja, ialah radang gusi. Ini mempunyai tiga step, yakni radang gusi, periodontitis, serta periodontitis lanjut. Gingivitis ialah step awal penyakit gusi di mana plak mulai menumpuk di gigi Anda. Hal seperti ini dikarenakan oleh penyikatan yang tidak pas serta jarang berlangsung ditambah kunjungan yang tidak teratur ke dokter gigi. Tanda-tanda termasuk juga mempunyai pembengkakan pada gusi Anda apabila Anda mengecek warnanya, dapat jadi kemerahan atau keunguan.

Jika peradangan gusi tidak diobati dengan kebersihan mulut yang pas, hal tersebut bisa mengakibatkan step ke-2 yakni periodontitis. Periodontitis berlangsung saat bakteri di gigi Anda tidak dibawa keluar hingga memengaruhi jaringan lunak serta tulang kecil yang mengawasi gigi Anda masih pada tempatnya. Itu penyebabnya periodontitis didapati orang mengakibatkan hilangnya gigi. Jika jaringan lunak serta tulangnya rusak, gigi mulai gampang dilepaskan. Jika semakin banyak gigi di keluarkan karena jaringan lunak serta tulang yang rusak, maka jadi periodontitis lanjut.

Di lain sisi, rheumatoid arthritis ialah penyakit di mana skema kebal badan, serta bukannya menantang serta menahan virus serta bakteri, menyerang jaringan sendi. Hal seperti ini mengakibatkan peradangan pada persendian hingga membengkak serta sakit. Jika ini tidak diobati, bakteri mulai bisa memengaruhi tulang riskan yang masuk bersama dengan tulang pada sendi serta tulang tersebut. Berikut penyebabnya kenapa pasien rheumatoid arthritis kadang mempunyai cacat tulang.



Hubungan Penyakit Gum dan Rheumatoid Arthritis

Ambil ke-2 penyakit ini dengan terpisah, mereka nampaknya tidak mempunyai jalinan tidak hanya alami peradangan di bagian badan yang terserang. Akan tetapi, beberapa ilmuwan sudah lihat jika ada korelasi positif pada jumlahnya gigi yang tersisa yang dipunyai seorang untuk mempunyai arthritis. Diluar itu, bila Anda lihat tanda-tanda dua penyakit ini, Anda akan memerhatikan jika kedua-duanya ada hubungannya dengan tulang serta jaringan yang memegang gigi atau persendian.

Hasilnya sama - bakteri menyerang jaringan serta tulang yang meredamnya bersamanya. Sesudah beberapa lama, pembengkakan mulai mengakibatkan orang itu alami perasaan sakit. Dalam masalah penyakit gusi, pembengkakan akan tidak demikian jelas karena ada masalah yang tidak mereka rasakan. Pada ke-2 penyakit itu, bakteri mengakibatkan rusaknya kronis pada persendian.

Satu studi yang dipresentasikan di European Congress of Rheumatology pada tahun 2012 tunjukkan jika diantara 636 pasien dengan arthritis, beberapa orang yang mempunyai lebih dikit gigi mempunyai penerimaan yang lebih rendah untuk perawatan yang dikasihkan untuk mengobati radang sendi awal mereka. Studi lainnya di tahun 2008 juga tunjukkan jika beberapa orang yang telah menanggung derita rheumatoid arthritis sangat mungkin mempunyai penyakit gusi.

Tetapi lebih dari itu, sudah ada perubahan besar untuk temukan keterhubungan pada penyakit gusi serta rheumatoid arthritis. Beberapa ilmuwan sudah temukan jika citrullination ialah sisi proses dari dua penyakit itu. Citrullination ialah saat asam amino dalam protein merubah susunan molekulernya. Pada penyakit gusi, salah satunya bakteri yang menyerang gusi memperkuat citrullination. Pada rheumatoid arthritis, citrullination mengakibatkan skema kebal badan lihat jaringan sendi menjadi virus. Berikut penyebabnya kenapa skema kebal badan tidak diduga melepas anti-bodi yang masuk langsung ke jaringan sendi. Anti-bodi ini lalu akan memutus persendian serta seperti yang dijelaskan awal mulanya, bila tidak diakukan selekasnya, mereka bisa mengakibatkan kerusakan serta mengakibatkan kerusakan tulang di dekatnya.

Sesaat persamaan ini begitu tunjukkan jalinan pada dua penyakit akut, akan tetapi beberapa dokter belum juga dapat mengatakannya sekarang ini, tidak tahu sebabnya keduanya. Dalam satu riset yang diedarkan di Jerman pada tahun 2008, rangkuman itu mengatakan jika orang yang mempunyai rheumatoid arthritis mempunyai seputar 8 kali peluang untuk memperoleh penyakit periodontal. Akan tetapi, dalam satu riset yang dikerjakan di Kentucky pada tahun 2013, ini tunjukkan jika bakteri yang mengawali penyakit gusi betul-betul tingkatkan gravitasi rheumatoid arthritis.

Lihat hal tersebut, kurang bukti untuk menyampaikan jika yang satu mengakibatkan yang lainnya. Meski begitu, berdasar pada hasil uji coba serta penilaian, orang mungkin lebih mungkin menarik rangkuman jika karena penyakit gusi menguatkan sitrat, karena itu itu dapat jadi pemicu rheumatoid arthritis karena skema kebal badan cuma mulai menempatkan jaringan sendi waktu berlangsungnya sitrat. Tetapi bila Anda menyampaikan jika bakteri yang memulai penyakit gusi severs rheumatoid arthritis, karena itu Anda mendiskontokan peluang sendi di gigi dapat jadi dampak melemahnya sendi semua badan.

Sampai ini hari, koneksi belumlah pasti. Hanya satu dokter saat ini meyakini ialah mereka mempunyai komponen yang sama serta kedua-duanya adalah masalah inflamasi. Tetapi orang tak perlu menanti rangkuman untuk mulai menahan akumulasi kedua-duanya. Untuk penyakit gusi, beberapa pemicu dapat dihindari seperti akumulasi plak yang jelek buat gusi serta gigi.

Mempunyai kebersihan mulut yang pas bisa menolong menahan penyakit gusi serta radang yang lain. Perawatan gigi dapat dengan gampang dilupakan karena orang menduga menggosok gigi cukup sudah untuk mempunyai gusi yang sehat. Bukan itu permasalahannya apabila Anda ingin pastikan jika peluang penyakit gusi alami penurunan, kunjungan teratur ke dokter gigi ialah satu kewajiban. Di lain sisi, jika seorang telah menanggung derita rheumatoid arthritis, semestinya ia telah berkonsultasi ke dokter hingga persendian yang lain akan tidak dipengaruhi. Bila sendi siku mulai alami radang sendi, karena itu hal seperti ini dapat memunculkan permasalahan pada gigi Anda karena akan susah untuk floss serta sikat dengan benar. Mereka yang menanggung derita rheumatoid arthritis dapat juga coba penyembuhan periodontal yang dapat dibuktikan menjanjikan pada pasien lainnya.

Posting Komentar untuk "Apakah Hubungan antara Penyakit Gum dan Rheumatoid Arthritis"