Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gangguan Umum pada Penyakit Rematik

 

Penyakit Rematik - Arthrіtіѕ аdаlаh ѕеkеlоmроk lеbіh dаrі 100 реnуаkіt уаng bеrbеdа. Inі јugа mеruраkаn јеnіѕ реnуаkіt rеmаtіk. Pеnуаkіt rеmаtіk dараt mеnуеbаbkаn nуеrі, kеkаkuаn, dаn реmbеngkаkаn раdа реrѕеndіаn. Mеrеkа јugа dараt mеnуеbаbkаn rаѕа ѕаkіt раdа ѕtruktur tubuh lаіn ѕереrtі оtоt, tеndоn, lіgаmеn, dаn tulаng.

Nаmun реnуаkіt rеmаtіk јugа bіѕа mеnуеrаng аrеа tubuh lаіnnуа ѕереrtі оrgаn dаlаm. Bеbеrара реnуаkіt rеmаtіk mеmреngаruhі јаrіngаn іkаt (соnnесtіvе tіѕѕuе dіѕеаѕеѕ). Lаіnnуа mungkіn dіѕеbаbkаn оlеh gаngguаn аutоіmun.

Inі bеrаrtі ѕіѕtеm kеkеbаlаn tubuh mеnуеrаng ѕеl dаn јаrіngаn ѕеhаtnуа ѕеndіrі. Penyakit rematik mempengaruhi tendon, ligamen, tulang, dan otot sendi Anda. Di antara mereka ada banyak jenis radang sendi , istilah yang digunakan untuk kondisi yang memengaruhi persendian Anda.

Kadang-kadang mereka disebut penyakit muskuloskeletal. Gejala umum meliputi:

  • Nyeri sendi
  • Kehilangan gerak pada sendi atau persendian
  • Peradangan - pembengkakan, kemerahan, dan kehangatan di persendian atau area yang terkena

Bidang medis yang mempelajari jenis kondisi ini disebut reumatologi. Jika dokter reguler Anda mengira Anda menderita penyakit rematik, mereka mungkin akan mengirim Anda ke ahli reumatologi -- dokter yang terlatih khusus untuk mengobatinya.

Ahli reumatologi Anda akan memeriksa Anda untuk mendiagnosis kondisi Anda, kemudian mengawasi rencana perawatan untuk Anda yang kemungkinan akan mencakup obat - obatan , olahraga teratur , diet sehat , manajemen stres , dan istirahat.

Gangguan Reumatik Umum

Bertahun-tahun yang lalu, kondisi seperti ini termasuk dalam kategori luas rematik. Sekarang ada lebih dari 200 penyakit rematik yang berbeda. Di antara yang paling umum adalah:

  • Osteoartritis
  • Artritis Reumatoid (RA)
  • Lupus
  • Spondyloarthropathies - ankylosing spondylitis (AS) dan psoriatic arthritis (PsA)
  • sindrom Sjogren
  • Encok
  • Skleroderma
  • Artritis menular
  • Artritis idiopatik juvenil
  • Polimialgia rematik

Apa Penyebab Penyakit Reumatik?

Sebagian besar kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda menjadi serba salah dan menyerang jaringan Anda sendiri. Dokter tidak yakin apa yang menyebabkan ini. Terkadang itu ada dalam gen Anda.

Di lain waktu itu adalah akibat dari sesuatu di dunia sekitar Anda, seperti asap rokok, polusi, atau sesuatu yang menyebabkan infeksi. Jenis kelamin juga berperan -- penyakit rematik tampaknya lebih banyak menyerang wanita daripada pria.

Apa yang Diharapkan Ketika Anda Memiliki Penyakit Rematik

         Osteoartritis (OA)

Apa itu: Tidak seperti kebanyakan penyakit rematik, osteoartritis tidak terkait dengan masalah dengan sistem kekebalan Anda . Ini hasil dari kerusakan tulang rawan , bahan bantalan di ujung tulang Anda. Saat melemah, persendian Anda sakit dan menjadi lebih sulit untuk digerakkan. Biasanya mempengaruhi lutut, pinggul, punggung bawah, leher, jari, dan kaki.

Gejala:

         Nyeri

         Pembengkakan

         Kehangatan

         Kekakuan

Kelemahan otot dapat membuat sendi menjadi tidak stabil. Bergantung pada bagian tubuh mana yang terkena, OA dapat membuat Anda sulit berjalan, menggenggam benda, berpakaian, menyisir rambut , atau duduk.

 

Diagnosis: Dokter Anda akan bertanya tentang riwayat dan gejala medis Anda. Anda juga akan mendapatkan pemeriksaan fisik .

Biasanya pada saat seseorang dengan OA mencari pengobatan, ada perubahan yang terlihat pada rontgen sendi. Sinar-X dapat menunjukkan penyempitan ruang sendi atau adanya taji tulang. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin meminta MRI ( magnetic resonance imaging ) untuk memberikan gambaran bagian dalam sendi Anda.

         Artritis Reumatoid (RA)

Apa itu: RA terjadi ketika sistem kekebalan menyerang jaringan Anda sendiri dan menyebabkan nyeri sendi, pembengkakan, dan kekakuan. Itu bukan bagian dari penuaan normal.

Gejala:

         Nyeri dan bengkak di beberapa sendi (biasanya sendi yang sama di kedua sisi tubuh Anda, seperti kedua pergelangan tangan atau kedua pergelangan kaki )

         Masalah pada organ lain seperti mata dan paru- paru

         Kekakuan sendi , terutama di pagi hari

         Kelelahan

         Benjolan yang disebut nodul rheumatoid

Diagnosis: Anda akan mendapatkan pemeriksaan dan memberi tahu dokter tentang riwayat kesehatan Anda. Dokter mungkin mengambil rontgen dan sampel cairan sendi Anda. Mereka akan melakukan tes darah yang mencari tanda-tanda peradangan yang berbeda . Ini termasuk:

         Antibodi antinuklear (ANA)

  1. Peptida citrullinated anti-siklik (anti-CCP)
  2. Hitung darah lengkap
  3. Protein C-reaktif (CRP)
  4. Laju sedimentasi eritrosit (ESR)
  5. Faktor rematik (RF)

         Lupus

Apa itu: Lupus (juga disebut SLE atau lupus eritematosus sistemik) adalah penyakit autoimun . Ini dapat mempengaruhi banyak organ dalam tubuh Anda.

Gejala:

         Nyeri sendi

         Kelelahan

         Kekakuan sendi

         Ruam , termasuk ruam "kupu-kupu" di pipi

         Sensitivitas matahari

         Rambut rontok

         Jari tangan atau kaki biru atau putih saat terkena dingin (disebut fenomena Raynaud)

         Masalah pada organ lain seperti ginjal

         Gangguan darah , seperti anemia dan rendahnya kadar sel darah putih atau trombosit

         Nyeri dada akibat radang selaput jantung atau paru- paru

         Kejang atau stroke

Diagnosis: Dokter Anda akan menanyakan riwayat kesehatan Anda, melakukan pemeriksaan fisik, dan memesan tes laboratorium sampel darah dan urin . Tes darah untuk lupus meliputi:

  1. Tes antibodi antinuklear (ANA). Kebanyakan orang dengan lupus memiliki tes darah ANA positif.
  2. Antibodi DNA untai ganda (Anti-dsDNA)
  3. Antibodi Anti-Smith (Anti-Sm)

Demikianlah artikel Penyakit Rematik yang dapat saya buat. Semoga bermanfaat. Sekian terimakasih.

Posting Komentar untuk "Gangguan Umum pada Penyakit Rematik"