Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Pоѕtur Tubuh уаng Bаіk Agar Menjaga Tulang Anda

 

Pоѕtur уаng bаіk mеlіbаtkаn mеlаtіh tubuh Andа untuk bеrdіrі, bеrјаlаn, duduk, dаn bеrbаrіng dаlаm роѕіѕі dі mаnа kеtеgаngаn раlіng ѕеdіkіt dіtеmраtkаn раdа оtоt dаn lіgаmеn реndukung ѕеlаmа аktіvіtаѕ іnі. Nаh, аgаr роѕіѕі роѕtur tubuh Andа tеtар ѕеht dаn mеmіlіkі tulаng уаng kuаt, mаtі ѕіmаk аrtіkеl іnі dаrі аwаl ѕаmраі аkhіr.

Pоѕtur аdаlаh роѕіѕі dі mаnа Andа mеmеgаng tubuh Andа ѕааt bеrdіrі, duduk аtаu bеrbаrіng. Pоѕtur tubuh уаng bаіk dаn ѕеhаt tеntu mеlіbаtkаn реlаtіhаn tubuh Andа untuk bеrdіrі, bеrјаlаn, duduk dаn bеrbаrіng untuk mеngurаngі kеtеgаngаn раdа оtоt dаn lіgаmеn ѕааt Andа bеrgеrаk аtаu mеlаkukаn аktіvіtаѕ mеnаhаn bеbаn. Nаh, bеrіkut Andа аkаn mеngеtаhuі tеknіk роѕtur tubuh Andа аgаr tеtар ѕеhаt.

Postur Tubuh yang Baik Membantu Anda dengan Cara Berikut

  • Menjaga tulang dan sendi pada posisi yang benar (alignment) sehingga otot digunakan dengan benar.
  • Membantu mengurangi keausan permukaan sendi (seperti lutut) untuk membantu mencegah timbulnya radang sendi .
  • Mengurangi ketegangan pada ligamen di tulang belakang.
  • Mencegah tulang belakang menjadi tetap dalam posisi abnormal.
  • Mencegah kelelahan karena otot digunakan lebih efisien, yang memungkinkan tubuh menggunakan lebih sedikit energi.
  • Mencegah sakit punggung dan nyeri otot.

Posisi Duduk yang Benar

  1. Duduklah dengan punggung lurus dan bahu ke belakang. Bokong Anda harus menyentuh bagian belakang kursi Anda.
  2. Semua 3 kurva punggung normal harus ada saat duduk. Anda dapat menggunakan handuk kecil yang digulung atau gulungan lumbar untuk membantu mempertahankan lekukan normal di punggung Anda.
  3. Duduk di ujung kursi Anda dan membungkuk sepenuhnya.
  4. Gambarkan diri Anda dan menonjolkan lekukan punggung Anda sejauh mungkin. Tahan selama beberapa detik.
  5. Lepaskan posisi sedikit (sekitar 10 derajat). Ini adalah postur duduk yang baik.
  6. Sebarkan berat badan Anda secara merata di kedua pinggul.
  7. Tekuk lutut Anda di sudut kanan. Jaga agar lutut Anda rata dengan atau sedikit lebih tinggi dari pinggul Anda. (Gunakan sandaran kaki atau bangku jika perlu.) Jangan menyilangkan kaki Anda.
  8. Jaga agar kaki Anda tetap rata di lantai.
  9. Cobalah untuk menghindari duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit.
  10. Di tempat kerja, sesuaikan ketinggian kursi dan tempat kerja Anda sehingga Anda dapat duduk dekat dengan tempat kerja Anda dan memiringkannya ke arah Anda. Istirahatkan siku dan lengan Anda di kursi atau meja, jaga agar bahu Anda tetap rileks.
  11. Saat duduk di kursi yang berguling dan berporos, jangan memuntir pinggang saat duduk. Sebaliknya, putar seluruh tubuh Anda.
  12. Saat berdiri dari posisi duduk, pindah ke depan kursi. Berdiri dengan meluruskan kaki Anda. Hindari membungkuk ke depan di pinggang Anda. Segera regangkan punggung dengan melakukan 10 standing backbends.

Berikut ini cara menemukan posisi duduk yang baik saat Anda tidak menggunakan penyangga punggung atau lumbar roll:

  • Sebarkan berat badan Anda secara merata di kedua pinggul.
  • Tekuk lutut Anda di sudut kanan. Jaga agar lutut Anda rata dengan atau sedikit lebih tinggi dari pinggul Anda. (Gunakan sandaran kaki atau bangku jika perlu.) Jangan menyilangkan kaki Anda.
  • Jaga agar kaki Anda tetap rata di lantai.
  • Cobalah untuk menghindari duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit.
  • Di tempat kerja, sesuaikan ketinggian kursi dan stasiun kerja Anda sehingga Anda dapat duduk dekat dengan tempat kerja Anda dan memiringkannya ke arah Anda. Istirahatkan siku dan lengan Anda di kursi atau meja, jaga agar bahu Anda tetap rileks.
  • Saat duduk di kursi yang berguling dan berporos, jangan memuntir pinggang saat duduk. Sebaliknya, putar seluruh tubuh Anda.
  • Saat berdiri dari posisi duduk, pindah ke depan kursi. Berdiri dengan meluruskan kaki Anda. Hindari membungkuk ke depan di pinggang Anda. Segera regangkan punggung dengan melakukan 10 standing backbends.

Posisi mengangkat yang benar

Jika Anda harus mengangkat benda, jangan mencoba mengangkat benda yang canggung atau lebih berat dari 30 pon.

  1. Sebelum Anda mengangkat benda berat, pastikan Anda memiliki pijakan yang kokoh.
  2. Untuk mengambil benda yang lebih rendah dari pinggang Anda, jaga agar punggung tetap lurus dan tekuk lutut dan pinggul Anda. Jangan membungkuk ke depan di pinggang dengan lutut lurus
  3. Berdirilah dengan sikap lebar dekat dengan objek yang Anda coba angkat dan pertahankan kaki Anda tetap di tanah. Kencangkan otot perut dan angkat benda menggunakan otot kaki. Luruskan lutut Anda dengan gerakan stabil. Jangan menyentak objek ke tubuh Anda.
  4. Berdiri tegak sepenuhnya tanpa memutar. Selalu gerakkan kaki ke depan saat mengangkat benda.
  5. Jika Anda mengangkat benda dari meja, geser ke tepi meja sehingga Anda bisa memegangnya dekat dengan tubuh Anda. Tekuk lutut Anda sehingga Anda dekat dengan objek. Gunakan kaki Anda untuk mengangkat benda dan datang ke posisi berdiri.

.

Bagaimana Posisi Terbaik untuk Tidur dan Berbaring?

Tidak peduli apa posisi Anda berbaring, bantal harus berada di bawah kepala Anda, tetapi tidak di bahu Anda, dan harus memiliki ketebalan yang memungkinkan kepala Anda berada dalam posisi normal.

Cobalah untuk tidur dalam posisi yang membantu Anda mempertahankan lekukan di punggung Anda (seperti telentang dengan bantal di bawah lutut atau lumbar roll di bawah punggung bawah, atau menyamping dengan lutut sedikit ditekuk).

Jangan tidur miring dengan lutut ditarik ke dada. Anda mungkin ingin menghindari tidur tengkurap, terutama di kasur yang kendor, karena hal ini dapat menyebabkan ketegangan punggung dan dapat membuat leher Anda tidak nyaman.

Pilih kasur yang kokoh dan set pegas kotak yang tidak melorot. Jika perlu, letakkan papan di bawah kasur Anda. Anda juga bisa meletakkan kasur di lantai sementara jika perlu. Jika Anda selalu tidur di permukaan yang lembut, mungkin akan lebih menyakitkan untuk berpindah ke permukaan yang keras. Luangkan waktu untuk menemukan kasur dan pegas kotak yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Coba gunakan penyangga punggung (lumbar support) di malam hari agar Anda lebih nyaman. Gulungan sprei atau handuk yang diikatkan di pinggang Anda mungkin bisa membantu.

Saat berdiri dari posisi berbaring, putar ke samping, tarik kedua lutut dan ayunkan kaki di sisi tempat tidur. Duduk dengan mendorong diri Anda ke atas dengan tangan Anda. Hindari membungkuk ke depan di pinggang Anda.

Rekomendasi ini akan bermanfaat bagi kebanyakan orang yang menderita sakit punggung. Jika salah satu dari pedoman ini menyebabkan peningkatan rasa sakit atau penyebaran rasa sakit ke kaki, hentikan aktivitas dan dapatkan saran dari dokter, chiropractor, atau terapis fisik. Demikianlah artikel pоѕtur уаng bаіk. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Teknik Pоѕtur Tubuh уаng Bаіk Agar Menjaga Tulang Anda"